Apakah TikTok Shop Akan Ditutup? Ini Dia Faktanya!

Apakah kamu sedang mencari informasi apakan Tiktok Shop akan ditutup di Indonesia? jika iya, kamu bisa membaca informasi yang akan kami sampaikan di sini.

Karena kami akan membahas secara detail alasan mengapa Tiktok Shop dilarang di Indonesia dan kapan fitur tersebut mulai dihapus.

Sebelum membahas lebih dalam lagi, kamu bisa mencari tahu apa itu Tiktok Shop melalui ringkasan yang sudah kami sampaikan di bawah ini.

Apa itu Tiktok Shop?

Tiktok Shop adalah platform e-commerce yang biasa digunakan oleh pengguna Tiktok atau sering disebut seller Tiktok untuk menawarkan barang jualannya kepada pengguna aplikasi Tiktok secara langsung.

Hampir sama dengan e-commerce shopee, lazada, dan tokopedia, Tiktok Shop memfasilitasi para pengguna tiktok untuk melakukan aktivitas jual beli secara langsung dari aplikasi tersebut.

Produk yang tersedia di platform tersebut juga sangat beragam mulai dari barang pokok, elektronik, fashion, beauty dan produk yang lainnya.

Untuk harga barang di Tiktok Shop juga tergolong murah sehingga banyak yang ingin menggunakan aplikasi Tiktok Shop untuk berbelanja.

Apakah Tiktok Shop Akan Ditutup?

Berdasarkan kabar yang beredar di Media Sosial, Tiktok Shop memang akan dihapus oleh Pemerintah. Sesuai dengan yang diatur dalam Permendag No.50/2020 Tiktok Shop akan resmi dilarang dan ditutup dari Indonesia.

Namun saat peraturan tersebut disahkan ternyata masih ada sesuatu yang akan dikaji lagi. Tiktok diberikan waktu seminggu untuk mempersiapkan bahwa fitur toko Tiktok akan segera dihapus dan diberikan waktu selama seminggu oleh pemerintah.

Hal tersebut semakin diperkuat dengan adanya aturan yang tercatat di dalam pasal 21 ayat (3) bahwa tidak diperbolehkan melakukan Social E-commerce tidak boleh melakukan transaksi di dalam platform.

Mengapa Tiktok Shop Ditutup?

Secara garis besarnya alasan mengapa Tiktok Shop dihapus adalah platform social e-commerce berbasis China tersebut sudah melakukan perusakan ekosistem penjualan pada UMKM Indonesia.

Fitur toko yang ada di Tiktok tersebut dinilai sudah sangat merugikan pedagang offline, karena bisa menjual barang dengan harga yang murah dan merusak pasar.

Penurunan omset di pasar tradhisional disoroti oleh pemerintah dan nampaknya ini adalah salah satu alasan kenapa toko di Tiktok akan dihapus dari Indonesia.

Namun kita tetap masih bisa menggunakan fitur Tiktok Ads meski Tiktok Shop sudah dihapus dari Indonesia. Yang tidak diperbolehkan adalah melakukan transaksi di dalam aplikasi Tiktok, jika hanya ingin mempromosikan masih boleh dilakukan di platform tersebut.

Baca juga: Situs Biru Tanpa VPN

Kapan Tiktok Shop Dihapus di Indonesia?

Pada tanggal 26 september 2023 lalu, pemerintah sudah secara resmi melarang transaksi jual beli di aplikasi Tiktok. Sesuai dengan Permendagri No 31 Tahun 2023.

Namun keputusan tersebut masih belum final, Zulkfili Hasan masih akan mengkaji lagi tentang keputusan tersebut.

Tapi dirinya juga tidak segan-segan mencabut izin usaha Tiktok di Indonesia jika memang tidak mau mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

Untuk waktu kapan Tiktok Shop Dihapus di Indonesia masih akan diresmikan mendatang, kamu bisa menunggu kabar dari pemerintah atau melalui membaca artikel di website ini.

Baca juga: Shinigami Ae

Penutup

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya fitur Tiktok Shop sangat merugikan seseorang terutama seorang pedagang offline. Pastinya omset akan menurun karena masyarakat beralih membeli barang melalui online karena dirasa lebih mudah dan murah.

Bahkan dengan berbelanja melalui online mereka bisa mendapatkan barang tersebut hanya menunggu dari rumah saja. Itulah alasan mengapa Tiktok Shop akan ditutup.

Tinggalkan komentar