Aplikasi Kualitas Udara Untuk Android dan iPhone

Kualitas udara merupakan salah satu hal yang tidak boleh disepelekan. Sebab udara jadi kebutuhan utama makhluk hidup ketika bernapas. Apabila kualitas udara buruk dan mengandung banyak polutan, maka kesehatan bisa terancam. Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir, karena sekarang kalian dapat mengeceknya melalui aplikasi kualitas udara di smartphone.

Kualitas udara pada perkotaan memang jauh sekali dari kata bersih. Asap kendaraan bermotor dan aktivitas industri pun ikuti menyumbang polusi udara di perkotaan.

Mengecek kualitas udara dengan rutin menjadi penting pada saat akan melakukan kegiatan di luar ruangan. Kalian dapat memilih langkah ideal guna menghindari waktu tertentu pada saat kualitas udara sedang tidak baik.

Kualitas udara di sebuah daerah disesuaikan pada Indeks Kualitas Udara atau Air Quality Index (AQI). AQI di ukuran menggunakan patokan suatu angka guna mengetahui seberapa tercemarnya udara sebuah daerah tertentu.

Perhitungan AQI tersebut berdasarkan pada 6 polutan utama. Antara lain karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), partikel PM 2.5 dan PM10, Ozon, serta nitrogen dioksida (NO2).

Kualitas udara yang buruk dapat menimbulkan efek negatif di kesehatan. Contohnya seperti penyakit paru-paru, asma, bahkan hingga jantung.

Oleh sebab itu, di sarankan untuk menggunakan masker, menutup jendela, sampai dengan memakai pembersih udara. Terutama ketika sedang keluar rumah.

Aplikasi Kualitas Udara

aplikasi kualitas udara

Beberapa aplikasi cek kualitas udara tersebut dapat jadi acuan ketika kalian akan pergi keluar rumah. Aplikasi kualitas udara bisa kalian install pada smartphone dan bersifat real time.

Di bawah ini merupakan aplikasi cek kualitas udara yang bisa kalian pakai.

1. Nafas

Berdiri sejak tahun 2020 yang lalu, pendiri aplikasi Nafas yaitu Piotr Jakubowski dan Nathan Roestandy. Mereka menyadari pentingnya memantau kualitas udara.

Mulanya mereka membuat aplikasi ini karena melihat keadaan udara yang tidak baik di China. Lalu mereka melakukan pemantauan kualitas udara di Indonesia yang ternyata juga lumayan buruk.

Aplikasi Nafas bisa melihat kualitas udara di sekeliling kalian melalui titik warna yang memperlihatkan Indeks Kualitas Udara (AQI). Data kualitas udara yang ditunjukkan pun diupdate tiap 10 menit.

Tidak hanya menampilkan kualitas udara yang tengah terjadi atau real time, namun aplikasi ini pun menyediakan rekomendasi apa yang perlu pengguna lakukan. Misalnya apakah memerlukan ventilasi pada rumah, ataupun lebih baik tempat terbaik bagi mereka berolahraga (di tempat tertutup atau terbuka).

2. BreezoMeter

Aplikasi cek kualitas udara berikutnya yang bisa kalian pakai yaitu BreezoMeter. Aplikasi ini menawarkan informasi tentang polusi udara yang tengah terjadi pada tempat kalian dengan real time. BreezoMeter telah tersedia pada 92 negara, salah satunya di Indonesia.

Tidak hanya kualitas udara saja, aplikasi ini pun dapat memberikan rekomendasi aktivitas yang perlu dilakukan dengan jenis keadaan kesehatan orang yang berbeda. Contohnya pada saat kualitas udara sedang buruk, aplikasi ini dapat memberikan rekomendasi aktivitas yang perlu di hindari oleh penderita asma.

3. AirVisual

Aplikasi untuk mengecek kondisi udara ini bisa memantau keadaan udara yang ada di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. AirVisual menawarkan beragam informasi tentang kualitas udara dengan real time. Selain itu, tersedia juga ramalan polusi udara dan cuaca lebih dari 10 ribu kota yang ada di seluruh dunia.

Tidak hanya informasi tentang cuaca dan kualitas udara, aplikasi ini pun dapat merekomendasikan guna mengurangi resiko kesehatan oleh karena kualitas udara yang tidak baik.

AirVisual juga bisa memperlihatkan grafik data riwayat kualitas udara selama 24 jam sebelumnya.

4. Plume Air Report

Aplikasi yang di miliki oleh perusahaan teknologi Plume Labs ini akan menyediakan informasi tentang tingkat polusi di sekeliling kalian.

Tidak hanya itu, aplikasi ini pun akan menyediakan rekomendasi aktivitas yang perlu dilakukan sesuai pada tingkat polusi di sekeliling kalian.

Melalui mengandalkan ribuat stasiun pemantau, Plume Air Report mengumpulkan berbagai poin yang menjadi acuan indeks tingkat polusi. Misalnya seperti ozon (o3), nitrogen dioksida (NO2), dan partikel tertentu (PM2,5 dan PM10).

5. Air Matters

Aplikasi Air Matters bisa memperlihatkan kondisi udara lebih dari 180 negara melalui mengandalkan stasiun pemantau udara yang paling dekat.

Tidak hanya itu, aplikasi ini pun bisa memperlihatkan riwayat kualtias udara selama 48 jam terakhir pada berbagai negara. Aplikasi ini bisa didownload oleh pengguna Android dan iOS dengan gratis. Ada pula bagi versi berbayarnya yang mempunyai beberapa fitur tambahan.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Awan Bergerak

6. Indeks Kualitas Udara

Melalui mengaktifkan fitur location di ponsel pintar dan mendownload aplikasi Indeks Kualitas Udara, kalian bisa tahu kualitas udara di sekeliling.

Tidak hanya informasi kondisi udara saja, aplikasi ini pun bisa memberitahu aktivitas yang perlu dilakukan dan di hindari oleh beberapa orang yang mempunyai resiko tinggi mengalami masalah kesehatan karena polusi udara.

7. AirLief

Tampilan informasi kualitas udara yang terdapat pada aplikasi AirLief bisa memudahkan seluruh orang dalam menangani masalah kualitas udara yang tidak baik.

Aplikasi ini pun memberi tips kesehatan menurut informasi pengguna seperti jenis transportasi yang dipakai, umur, durasi kegiatan di luar ruangan, dan faktor yang lain.

Tidak hanya itu, aplikasi ini pun menyajikan informasi tentang dampak dari keadaan udara bagi kesehatan badan. Pengguna akan memperoleh rincian informasi tentang dampak neurologis, dampak pernapasan, dan dampak kardiovaskular.

8. AirCare

AirCare merupakan aplikasi yang ada bagi Android (Google Play Store) dan iOS (App Store). Kalian dapat menghubungkan aplikasi ini ke jam tangan Apple kalian. Aplikasi ini memberikan update pada pengguna mengenai peringatan kebakaran, indeks UV, dan data polusi. Serta tak terdapat keraguan mengenai kualitas udara.

AirCare mempunyai berbagai fitur tambahan bagi berbagai pembaruan dan data kepada teman dengan cara online. Aplikasi ini pun memberikan informasi ramah anak, peta, bagan, dan yang lain. Kalian juga bisa membagikan data pada berbagai platform misalnya Twitter, Instagram, Snapchat, dan lain-lain.

9. UdaraKita

Aplikasi UdaraKita diciptakan oleh Greenpeace Indonesia. Melalui aplikasi ini, kalian dapat mengetahui kualitas udara yang terjadi. Selain itu, juga bagaimana cara mengantisipasi ancaman berbahaya dari polusi udara di sekeliling kalian.

Sekarang ini, lokasi pemantauan utama hanya ada di Jakarta dan sekelilingnya, Semarang, Bandung, Pekanbaru, dan Bali. Bagi kota yang lainnya tengah dipersiapkan oleh Greenpeace.

Pengguna bisa memberi laporan tentang kualitas udara di sekelilingnya. Caranya melalui fitur pengaduan yang tersedia dalam aplikasi ini.

10. Air Quality

Lewat Air Quality, pengguna bisa melakukan pemantauan kualitas udara tempat ia berada. Serta mengecek kegiatan mana yang tak di sarankan apabila terjadi polusi.

Pengguna pun dapat membagikan ke sosial media foto tempat mereka berada yang di bubuhi dengan informasi kualitas udaranya.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa aplikasi kualitas udara yang bisa kalian pakai untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah kualitas udara yang tidak baik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar