Cara Mengubah Akun Personal ke Akun Bisnis TikTok

Cara mengubah akun personal ke akun bisnis TikTok merupakan tahap awal bagi kalian dalam mengembangkan bisnis ke jangkauan yang lebih luas lagi. Yuk simak terus pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Mengubah akun tiktok personal menjadi akun bisnis (business) adalah langkah yang tepat dalam memulai mengembangkan bisnis kalian via online. Selain itu, langkah ini juga bisa kalian gunakan untuk memperkenalkan bisnis kalian secara luas ke semua pengguna media sosial terutama pengguna TikTok.

Melalui menjadikan akun TikTok kalian jadi akun bisnis, kalian bisa menjual barang dan produk yang kalian punya pada TikTok for Business. Membahas mengenai bisnis di TikTok, tujuan dari fitur tersebut hampir sama dengan fitur bisnis di Instagram dan Facebook.

Pastinya, kalian bisa menghasilkan uang dari TikTok dan berbisnis pada akun TikTok kalian secara mudah. Bagi tahap awal memulai bisnis online di TikTok, kalian perlu mengubah akun pribadi ke akun bisnis. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti tutorial berikut.

Cara Mengubah Akun Personal ke Akun Bisnis TikTok

cara mengubah akun personal ke akun bisnis tiktok

Berikut ini merupakan langkah-langkah mengubah akun TikTok menjadi akun bisnis:

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka terlebih dahulu aplikasi TikTok yang terdapat di ponsel kalian.
  • Jika telah berada pada aplikasi TikTok, selanjutnya klik Profil atau Saya lalu klik tanda garis tiga di bagian kanan atas.
  • Nantinya kalian akan melihat menu selanjutnya. Pada bagian ini kalian bisa klik Pengaturan dan Privasi.
  • Jika telah masuk pada menu Pengaturan dan Privasi, berikutnya klik menu Kelola Akun.
  • Pada menu Kelola Akun, carilah fitur Kontrol lalu klik Alihkan ke Akun Bisnis.
  • Pada menu Bisnis tekan Berikutnya.
  • Lalu, pada menu pilih kategori, kalian bisa memilih kategori bisnis yang kalian punya. Contohnya bisnis otomotif, seni dan kerajinan, elektronik atau produk kecantikan. Kalian dapat menyesuaikan kategori sesuai pada bisnis yang akan kalian buka di TikTok.
  • Selanjutnya klik Berikutnya.
  • Kini kalian sudah berhasil membuat akun bisnis pada TikTok. Nantinya kalian melihat tampilan di layar dengan tulisan “Selamat datang di akun bisnis Anda”. Pada bagian ini, kalian dapat mengedit profil guna melengkapi profil akun bisnis Tiktok kalian.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Slowmo Di Capcut

Keunggulan Akun TikTok Bisnis, Pro, dan Kreator 

Sebetulnya tak hanya pebisnis di TikTok saja yang perlu mengganti jenis akun TikTok biasa ke akun pro. Namun sebetulnya semua orang dapat mempunyai akun pro. Sebab tersedia banyak fitur tambahan jika kalian mengganti jenis akun.

Di bawah ini merupakan beberapa perbedaan antara akun personal dengan akun pro:

1. Menambahkan Informasi Bisnis

Pada akun pro, kalian dapat menambahkan website, alamat email, dan media sosial (Instagram, Youtube, dan Twitter) pada profil kalian. Sementara pada akun biasa atau personal kalian tidak dapat melakukan hal ini.

2. Menu Suite Bisnis

Pada akun pro, tersedia menu tambahan yakni menu Suite Bisnis. Di dalam menu ini, ada menu Promosi, Analisa, Pusat Kreatif Bisnis, dan Pengaturan Pesan.

a. Menu Promosi

Menu promosi merupakan menu yang dipakai jika kreator akan mempromosikan akun ataupun kontennya (beriklan pada TikTok). Terdapat berbagai macam promosi yang bisa kalian pakai, misalnya promosi bagi leibh banyak kunjungan situs web, memperoleh tayangan video yang lebih banyak, ataupun lebih banyak pengikut.

b. Menu Analisia

Di menu analisa terdiri lagi dari beberapa menu lainnya, seperti:

  • Menu analisis, kalian dapat melihat analisis akun kalian dengan keseluruhan. Mulai dari konten, ringkasan, dan pengikut.
  • Menu ringkasan, kalian akan di sajikan ringkasan tentang akun kalian (konten, pengikut, dan keterlibatan).
  • Menu konten, akan terdapat analisa tentang konten kalian. Misalnya jumlah tayangan, video yang terkenal, dan lain sebagainya.
  • Menu pengikut, di menu ini terdapat data tentang pengikut kalian. Seperti pengikut baru, jumlah pengikut, wilayah teratas, data jenis kelamin pengikut, tingkat pertumbuhan, dan aktivitas pengikut.

c. Pusat Kreatif Bisnis

Menu selajutnya ini TikTok sediakan untuk pebisnis agar bisa mengembangkan bisnisnya pada TikTok

d. Menu Pengaturan Pesan

Menu pengaturan pensa dipakai jika kalian hendak mengatur pesan di akun kalian. Misalnya pesan selamat datang dan balasan pesan otomatis menurut kata kunci.

3. Membuat Daftar Putar

Pada akun pro, kalian juga bisa membuat playlist atau daftar putar guna mengelompokkan jenis video kalian. Sehingga akan memudahkan orang ketika mencari konten kalian.

4. Analisis Konten

Pada akun pro, kalian dapat melakukan analisa konten kalian satu demi satu. Kalian dapat melihat berapa jumlah like, tayangan, share, dan komentar pada konten yang kalian buat, melihat pemutaran rata-rata, pemutaran total, wilayah penonton, dan sumber lalu lintas.

Sangat banyak bukan keunggulan dari TikTok pro daripada akun TikTok biasa atau personal ini? Oleh sebab itu, yuk segera upgrade jenis akun kalian!

Itu tadi ulasan yang bisa kami sampaikan terkait cara mengubah akun personal ke akun bisnis TikTok. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar