Ganti Password Wifi Iconnect PLN Melalui HP, Ternyata Mudah!

Cara ganti password wifi Iconnect yakni pastikan smartphone kalian terhubung dengan Wifi. Selanjutnya buka alamat IP Iconnect pada browser, inputkan nama pengguna dan passwordnya, tekan menu Wireless, lalu klik menu Password. Selanjutnya ganti kata sandi dan tekan Save atau Apply.

Gampang, bukan? Hanya melalui melakukan beberapa cara di atas kalian telah dapat mengganti password Wifi Iconnect secara mudah, melalui smartphone saja.

Apakah kalian ingin mengetahui tutorial ganti password Wifi Iconnect PLN di HP dengan cepat dan mudah? Jika kalian membutuhkan informasinya, baca artikel ini hingga selesai.

Apa itu Iconnect PLN?

Sebelum kalian mengetahui cara ganti password wifinya, sebelumnya apakah kalian sudah tahu tentang Iconnect PLN?

Jadi, Iconnect PLN adalah salah satu layananan dari ICON+ yang dirancang khusus bagi memberi layanan konektifitas ke penggunanya. Layanan ini memiliki fokus di penyedia layanan internet melalui kecepatan jaringan stabil dan jangkauan wilayah yang luas.

Layanan Iconnect PLN ini pun menyediakan beberapa kelebihan misalnya, keamanan jaringan, jaringan serta optik yang tersedia memiliki kualitas tinggi, layanan cepat, dan jangkauan yang luas sekali.

Iconnect tersebut adalah bagian dari bisnis PLN yang selalu mengikuti produk PLN yang lain.

Ganti Password Wifi Iconnect PLN

Ubah password Wifi Iconnect PLN tentunya harus dilakukan, terutama bagi pelanggan baru. Hal tersebut pastinya penting guna menjaga keamanan jaringan Wifi supaya tidak dipakai oleh orang lain tanpa izin.

Mengubah kata sandi Wifi adalah hal umum bagi tiap pelanggan untuk menjaga keamanan. Akan tetapi, kadang-kadang tidak sedikit orang yang belum mengetahui cara ganti password Wifi Iconnect.

Apabila kalian juga termasuk belum mengetahui caranya, jangan khawatir. Sebab kami akan menjelaskan cara mengubah password Wifi Iconnect. Perubahan password dapat kalian lakukan dengan rutin guna menjaga keamanan jaringan Wifi.

Cara Ganti Password Wifi Iconnect PLN Melalui HP

Apabila kalian hendak mengubah password Wifi Iconnect PLN melalui HP, maka jangan khawatir dan bingung. Sebab, kalian bisa mengikuti cara yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Sambungkan HP ke Jaringan Wifi Iconnect

Pertama-tama, silahkan kalian sambungkan perangkat HP kalian pada jaringan wifi Iconnect PLN yang hendak kalian ganti kata sandinya.

Apabila tidak tersambung, maka kalian tidak akan bisa melanjutkan proses penggantian password ini.

2. Kunjungi Alamat IP Iconnect PLN

Bukalah aplikasi browser pada perangkat smartphone kalian. Selanjutnya di bar URL browser ketik alamat IP standar bagi router Iconnect PLN yakni 192.168.1.1. Kemudian, klik tombol enter.

3. Input Username dan Password

Selanjutnya, kalian akan di minta untuk memasukkan username atau nama pengguna dan password untuk masuk pada panel kontrol router.

Apabila kalian belum pernah mengganti kata sandi default, maka ketik ‘admin’ untuk nama penggunanya dan ‘admin’ untuk kata sandi.

Apabila telah diganti, pakai nama pengguna dan kata sandi baru yang sudah kalian buat.

4. Klik Opsi Wireless atau Wifi

Sesudah kalian masuk pada panel kontrol, carilah opsi ‘Wifi’ atau ‘Wireless’.

Klik opsi ‘Wifi Security’ atau ‘Wireless Security’ atau ‘Wifi Setting’ atau ‘Wireless Setting’. Menu tersebut tergantung dari tampilan panel kontrol.

5. Tekan Opsi Password

Lalu kalian akan menemukan opsi ‘Security Key’ atau ‘Password’ atau ‘Pre-Shared Key. Tekanlah opsi tersebut.

Sesudah kalian tekan opsi itu, maka kalian akan bisa mengubah kata sandi Wifi dengan yang baru.

6. Masukkan Kata Sandi Baru

Input kata sandi wifi baru yang hendak kalian pakai pada kolom yang ada di sana. Pastikan pula bahwa kata sandi yang baru ini lumayan kuat dan susah di tebak.

7. Tekan Save atau Apply

Simpanlah perubahan yang sudah kalian buat tadi melalui menekan tombol ‘Apply’ atau ‘Save’.

Tunggulah beberapa saat hingga router berhasil menyimpan pengaturan baru. Cobalah untuk hubungkan perangkat kalian pada jaringan wifi Iconnect PLN memakai kata sandi baru yang sudah kalian buat. Tujuannya guna memastikan bahwa perubahan yang sudah kalian lakukan tadi sukses dilakukan.

Itu tadi langkah-langkah mengganti password Wifi Iconnect PLN melalui HP. Pastikan kalian menyimpan atau mengingat kata sandi terbaru yang sudah di buat.

Jangan lupa juga untuk mengupdate settingan wifi di perangkat lainnya yang tersambung pada jaringan wifi Iconnect PLN.

Baca juga: Cara Melihat Nomor OVO di Grab

Syarat Ganti Password Wifi Iconnect

Agar bisa mengubah password Wifi Iconnect, terdapat beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, antara lain:

1. Tersambung Pada Jaringan Wifi

Kalian harus tetap tersambung pada jaringan Wifi Iconnect memakai perangkat yang tersambung dengan jaringan tersebut.

Pastikan perangkat yang kalian pakai telah tersambung pada jaringan dan terdaftar di router Iconnect PLN.

2. Tahu Alamat IP Default

Syarat kedua, kalian harus mengetahui alamat IP Default bagi router Iconnect PLN. Alamat IP default tersebut biasanya terdapat di kotak atau manual router. Alamat IP default router Iconnect PLN yakni 192.169.1.1.

3. Tahu Username dan Password

Kalian juga harus mengetahui username atau nama pengguna dan kata sandi (password) agar dapat masuk pada panel kontrol rouoter.

Apabila sebelumnya kalian belum pernah mengganti kata sandi default, ketik ‘admin’ untuk nama penggunanya dan ‘admin’ untuk kata sandi.

Apabila telah diganti, pakailah nama pengguna dan kata sandi baru yang sudah kalian buat.

4. Akses Panel Kontrol

Mengakses panel kontrol router Iconnect PLN lewat browser internet bisa kalian lakukan melalui Google Chrome atau Firefox. Melalui memasukkan alamat IP default bagi router tersebut di bar URL browser.

Sesudah seluruh persyaratan terpenuhi, kalian bisa mengakses panel kontrol rotuer dan ganti kata sandi Wifi Iconnect.

Alasan Kenapa Ganti Password Wifi Iconnect

Terdapat beberapa alasan kenapa kalian harus mengganti password Wifi Iconnect, antara lain:

1. Keamanan

Mengubah password Wifi Iconnect dengan rutin bisa meningkatkan keamanan jaringan.

Apabila kalian tak mengubah kata sandi dengan rutin, orang lain bisa secara mudah memasuki jaringan kalian serta mengakses data ataupun informasi pribadi kalian.

2. Perlindungan Terhadap Akses Tidak Sah

Apabila password wifi Iconnect yang mudah di tebak, maka orang lain bisa secara mudah masuk ke jaringan tanpa izin.

3. Menghindari Pemakaian Data Berlebih

Apabila orang lain bisa mengakses jaringan kalian tanpa izin, mereka pun bisa memakai data internet dengan berlebih dan membuat tagihan internet meningkat.

4. Memastikan Kualitas Jaringan Optimal

Apabila terlalu banyak orang yang tersambung pada jaringan Wifi Iconnect, kualitas jaringan bisa menurun lalu membuat koneksi internet menjadi lambat atau malah bisa terputus.

Melalui mengganti password dengan rutin, kalian bisa memastikan bahwa hanya perangkat yang di izinkan yang tersambung pada jaringan kalian. Sehingga kalian bisa mencegah terlalu banyak orang tersambung.

5. Wifi Iconnect Sudah di Reset

Alasan selanjutnya yaitu pelanggan sudah melakukan reset Wifi. Sehingga seluruh pengaturan termasuk SSID dan kata sandi Wifi Iconnect kembali pada default atau setelan pabrik. Oleh sebab itu, pelanggan memiliki keinginan untuk mengubah password dan SSID seperti sebelumnya.

Akhir Kata

Itu tadi cara ganti password wifi Iconnect dengan mudah. Kalian cukup melalui mengikuti beberapa langkah di atas, lalu password wifi kalian pun telah dapat diubah sesuai keinginan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar