Kenapa KPPS Viral? Ternyata Ini Informasi Akuratnya!

berlima.id – Kenapa KPPS viral di Indonesia akhir akhir ini? Jangan sampai kalain ketinggalan berita yang sangat menarik tersebut. Karena KPPS ini hanya ada 5tahun sekali lho!

Apakah kalian sudah mengetahui apa itu sebenarnya KPPS? jika belum, maka tepat sekali kalian berada di sini. Karena kali ini mimin akan memberikan informasi lengkap mengenai apa itu KPPS, apa saja tugas KPPS, dan kenapa KPPS bisa viral di Indonesia akhir akhir ini.

Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Waspada Terhadap Virus Nipah Di Indonesia!

Apa itu KPPS?

kenapa kpps viral

KPPS merupakan kependekan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. KPPS sendiri dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan memiliki tugas untuk melaksanakan pemungutan suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Tidak hanya melaksanakan pemungutan suara, namun KPPS juga memiliki tugas untuk melakukan perhitungan suara Pemilu di TPS. Baik bagi pemilihan presiden atau anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

KPPS mempunyai anggota sebanyak 7 orang. Terdiri dari seorang ketua yang juga merangkap sebagai anggota, dan enam anggota yang lain. Anggota KPPS tersebut terdiri dari masyarakat yang berada di sekitar TPS.

Kenapa KPPS Viral?

Belakangan ini di media sosial memang sedang trending dengan pembahasan petugas KPPS. Mereka menjadi viral karena disamakan dengan seorang abdi negara. 

Banyak yang membuat konten “yang kerja jadi KPPS sekarang jadi beda sudah tidak selevel lagi dengan masyarakat biasa” ujar pembuat konten hanya untuk hiburan saja.

Karena banyak yang mengunggah postingan terkait tren KPPS, kemudian banyak netizen yang justru menanggapinya negatif. Umumnya mereka beranggapan bahwa anggota KPPS yang telah dilantik kemarin itu sekarang sudah berbeda perilakunya.

Dari banyaknya netizen yang menunggah konten tren KPPS dan beragam tanggapan dari netizen kemudian menjadi viral. Tak heran jika sampai sekarang masih ada banyak pengguna media sosial khususnya Tiktok ramai membuat konten serupa.

Berapa Gaji Petugas KPPS pemilu 2024?

Berdasarkan keputusan resmi dari surat kementrian keuangan no s-647/mk tanggal 5 agustus 2022 menyebutkan bahwa gaji ketua KPPS yaitu 1,2 juta dan gaji anggota KPPS yaitu 1,1 juta untuk seluruh wilayah di Indonesia. 

Gaji tersebut hanya berlaku dalam 1 hari kerja saja, dan tidak ada akumulasi gaji di hari-hari berikutnya. Melihat gaji yang begitu tinggi jika hitungannya harian, tentu saja banyak kalangan yang kemudian berniat mendaftar menjadi anggota KPPS.

Namun perlu kamu tahu bahwa setiap gaji anggota KPPS tentu memiliki varian yang berbeda-beda. Hal ini kembali lagi berdasarkan dengan jabatan atau struktur keanggotan yang mereka dapatkan saat pemilihan umum nantinya.

Meskipun demikian, jelas saja ukuran gaji dengan nominal tersebut mampu menggoda beragam kalangan yang ingin menambah pundi penghasilan. Dengan gaji yang begitu menggoda, kamu juga perlu memahami bahwa tugasnya pun terbilang cukup berat karena harus menyelesaikan seluruh rangkaian acara pemilu.

kenapa kpps viral

Apa Saja Tugas KPPS?

Kemudian yang berikutnya selain penyebab kenapa KPPS viral di Indonesia kita wajib tau apa sih tugas dari KPPS itu. KPPS merupakan singkatan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di Indonesia.

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab utama KPPS secara umum:

1. Persiapan Tempat Pemungutan Suara

Menyiapkan tempat pemungutan suara sebelum hari pemilihan, memastikan semua bahan dan peralatan yang di perlukan tersedia.

Memverifikasi dan menyusun bilik suara, kotak suara, dan barang-barang lain yang di perlukan.

2. Memeriksa Pendaftaran Pemilih

Memverifikasi identitas pemilih dan memeriksa namanya dalam daftar pemilih.
Memastikan bahwa hanya pemilih yang memenuhi syarat yang diizinkan memberikan suara.

3. Distribusi Surat Suara

Memberikan surat suara yang sesuai kepada pemilih berdasarkan jenis pemilihan (misalnya, legislatif atau presiden).
Memberikan petunjuk kepada pemilih tentang cara menandai surat suara dengan benar.

4. Membantu Pemilih

Membantu pemilih yang mungkin memerlukan bantuan karena disabilitas atau tantangan lain.
Memberikan informasi tentang proses pemungutan suara dan menjawab pertanyaan dari pemilih.

5. Menjaga Ketertiban

Menjaga ketertiban dan keamanan di tempat pemungutan suara untuk memastikan proses pemilihan yang damai dan adil.
Menangani masalah atau sengketa yang mungkin timbul selama pemungutan suara.

6. Menjamin Kerahasiaan Suara

Memastikan kerahasiaan proses pemungutan suara dengan menyusun bilik suara dan menjaga privasi pemilih.

7. Penghitungan Suara

Menghitung dan mencatat suara setelah periode pemungutan suara selesai.
Memverifikasi akurasi perhitungan suara dan melaporkan hasilnya kepada otoritas pemilihan yang lebih tinggi.

8. Penyelesaian Dokumentasi Pemilihan

Menyelesaikan semua formulir dan dokumentasi yang diperlukan terkait pemilihan.
Menyiapkan dan mengirimkan laporan dan dokumen yang diperlukan kepada otoritas pemilihan yang lebih tinggi.

9. Pelaporan Hasil

Mengirimkan hasil pemilihan ke komisi pemilihan atau otoritas yang relevan.
Berkolaborasi dengan tempat pemungutan suara lain untuk mengumpulkan dan finalisasi hasil pemilihan secara keseluruhan.

Itulah tugas utama KPPS secara umum. Penting untuk kalian ketahui bahwa tugas spesifik KPPS dapat bervariasi tergantung pada jenis pemilihan, misalnya legislatif, presiden, regional.

Baca juga: Link Download Film Bokeh Free Fire Full Gratis

Tugas Setiap Anggota KPPS

Yang terakhir merupakan hal yang sangat penting untuk di ketahui selain kenapa KPPS viral di Indonesia. Khususnya jika kalian termasuk salah satu anggota KPPS.

Berikut ini adalah jobdesc setiap anggota KPPS:

1. Ketua KPPS (KPPS 1)

Yang pertama adalah Ketua KPPS. Berikut ini adalah tugas KPPS 1 atau ketua KPPS

  • Ketua KPPS ini memiliki tugas untuk memanggil para pemilih sesuai dengan nomor urut kedatangan yang telah di tuliskan pada model C6, kemudian memisahkan model C6 berdasarkan jenis kelamin.
  • Kemudian saat pemilih yang telah menyerahkan Model C6 namun sampai batas akhir pemungutan suara tidak menggunakan hak pilihnya, maka ia dianggap tidak hadir.
  • Menandatangani surat suara.
  • Memberikan empat jenis surat suara kepada pemilih.
  • Apabila ada surat suara yang rusak atau salah coblos, Ketua KPPS memberikan surat pengganti kepada pemilih paling banyak satu kali.
  • Ikut membantu memasukan surat suara DPD ke dalam alat bantu coblos tunanetra, dan diserahkan kepada pemilih tunanetra untuk menuju bilik suara untuk menghindari kesalahan dalam memasukan posisi surat suara ke dalam alat bantu tunanetra.

2. KPPS 2 (Anggota Kedua)

  • Tugas anggota kedua KPPS adalah mempersiapkan surat suara yang nantinya akan dibuka dan dinyatakan sah atau tidaknya surat suara tersebut oleh ketua KPPS.

3. KPPS 3 (Anggota Ketiga)

  • Tugas KPPS 3 atau anggota ketiga adalah mencatat seluruh jumlah pemilih, jumlah surat suara dan sertifikat hasil perhitungan suara dengan menggunakan formulir Model C1-KWK.

4. KPPS 4 (Anggota Keempat)

  • Tugas anggota keempat adalah mencatat hasil penelitian terhadap setiap lembar surat suara yang diumumkan oleh ketua KPPS menggunakan formulir catatan hasil perhitungan suara setiap pasangan calon.

5. KPPS 5 (Anggota Kelima)

  • Tugas anggota kelima adalah mengajak dan mengarahkan pemilih memasuki bilik suara yang kosong untuk memberikan hak suaranya.
  • Membantu pemilih yang memerlukan bantuan atau disabilitas untuk memberikan suara jika di minta oleh pemilih tersebut.

6. KPPS 6 (Anggota Keenam)

  • Tugas anggota keenam adalah membantu mengarahkan para pemilih untuk memasukan surat suara ke dalam kotak suara dengan jenisnya.
  • Memastikan seluruh surat suara yang telah digunakan oleh pemilih dimasukan ke dalam kotak suara.
  • Mengarahkan pemilih menuju meja KPPS 7 yang berada pada pintu keluar TPS.

7. KPPS 7 (Anggota ketujuh)

  • Anggota ketujuh memiliki tugas mengarahkan para pemilih untuk mencelupkan salah satu jari tangannya ke tinta dan memastikan bahwa tinta sudah membasahi kuku jari.
  • Memastikan pemilih tidak menghapus tinta yang sudah menempel di jari tangan.
  • Mempersilahkan pemilih keluar dari TPS.

Itulah tugas dari masing masing anggota KPPS yang wajib kalian ketahui.

Akhir Kata

Itu tadi adalah penjelasan kenapa KPPS Viral di Indonesia dan ramai menjadi perbincangan netizen. Semoga dengan hadirnya informasi tadi mampu menambah pengetahuan serta informasi terkait serba-serbi pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari nanti.

Tinggalkan komentar