Kenapa SSCASN Tidak Bisa Lanjutkan? Ini Penyebabnya!

berlima.id – Bagi kalian yang menanyakan Kenapa SSCASN Tidak Bisa Lanjutkan, kami sudah merangkumkan jawabannya di bawah ini. Jangan sampai kalian salah langkah ya!

Berdasarkan informasi resminya pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2023 telah dibuka sejak Rabu (20/09). Oleh karena itu calon peserta bisa daftar seleksi CPNS 2023 secara online melalui situs SSCASN BKN.

Dengan begitu, sangat banyak calon peserta yang mengelukan bahwa proses pendaftarannya tidak bisa di lanjutkan atau tidak dapat menuju ke proses selanjutnya.

Lalu kenapa hal tersebut terjadi?

Untuk mengetahui penyebab pendaftaran seleksi CPNS 2023 tidak bisa lanjutkan, simak informasinya yang telah kami berikan di bawah ini.

Alasan Kenapa SSCASN Tidak Bisa Lanjutkan

Kenapa SSCASN Tidak Bisa Lanjutkan

Siapa yang tidak ingin menjadi PNS di Indonesia ini, tentu saja sangat banyak masyarakat yang ingin menjadi PNS.

Dengan demikian masyarakat yang ingin turut serta dalam seleksi CPNS 2023 perlu melakukan pendaftaran akun dengan mengakses situs SSCASN BKN.

Adapun pendaftaran akun SSCASN baru bisa dilakukan pada saat jadwal seleksi CPNS 2023 berlangsung.

Namun, walau sudah memasuki tanggal 20 September 2023, pendaftaran akun SSCASN ternyata belum bisa di lanjutkan. Hal tersebut karena tombol “Lanjutkan” tak bisa di klik, sehingga tak bisa melanjutkan pendaftaran akun SSCASN.

Berdasarkan keterangan yang di sampaikan Badan Kepegawaian Negara melalui Instagram resminya @bkngoidofficial, proses pendaftaran CPNS tidak bisa di lanjutkan lantaran beberapa instansi memang masih memerlukan waktu untuk verifikasi formasi kebutuhan. CPNS maupun BKN juga menyarankan kepada calon peserta seleksi CPNS 2023 untuk secara rutin mengecek laman SSCASN apabila ingin mendaftar akun.

Selain itu, bisa juga memantau informasi melalui akun media sosial resmi BKN maupun instansi yang resmi dan juga telah di setujui.

Kemudian biasanya hal tersebut bisa terjadi karena sistem dari web yang eror. Karena telalu banyaknya yang mengakses web tersebut, sehingga membuat server dari website tersebut down.

Namun hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi karena saking menumpuknya orang yang mengakses. Kalian hanya perlu menunggu hingga web tersebut normal kembali.

Tetap pantau informasi informasi terbarunya melalui sosial media yang resmi dari pihak yang bersangkutan.

Cara Mendaftar CPNS 2023

Setelah kalian mengetahui apa yang menjadi alasan Kenapa SSCASN Tidak Bisa Lanjutkan, maka mungkin kalian juga perlu mengetahui bagaimana cara mendaftar CPNS 2023 dengan benar.

Merujuk Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara, pendaftaran akun SSCASN untuk ikut seleksi CPNS 2023 dapat dilakukan melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Berikut ini adalah langkah langkah cara mendaftar CPNS 2023 lengkapnya yang bisa di terapkan:

  1. Masuk ke situs SSCASN dengan mengakses https://sscasn.bkn.go.id/, lalu klik ‘Buat Akun’ untuk memulai proses pendaftaran.
  2. Akan muncul alert permintaan akses terhadap kamera, klik ‘Allow’ untuk mengizinkan penggunaan kamera.
  3. Pendaftar akan diarahkan ke laman Pengecekan Identitas. Pastikan untuk membaca petunjuk pembuatan akun dengan saksama.
  4. Masukkan data-data berupa NIK, nomor KK, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nomor Handphone Aktif, dan Email Aktif. Periksa semua data, kemudian masukkan kode CAPTCHA yang sesuai sebelum menekan tombol ‘Lanjutkan’.
  5. Isi data diri untuk membandingkan data pelamar di KTP dengan data ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama Lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, Email, dan Tanggal Lahir sesuai KTP akan terisi otomatis.
  6. Masukkan Nama Tanpa Gelar (sesuai ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/Kota Lahir (sesuai ijazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai ijazah). Khusus kolom Kab/Kota Lahir, cukup ketikkan minimal 3 karakter awal saja, kemudian klik salah satu dari pilihan yang tersedia (auto complete). Pastikan nama pada ijazah (tanpa gelar), tanggal lahir pada ijazah, dan jenis kelamin sudah sesuai.  Data-data tersebut akan di jadikan dasar penetapan nomor induk pegawai apabila Pelamar di nyatakan lulus seleksi CASN pada tahun 2023.
  7. Unggah foto scan KTP atau Surat Keterangan Kependudukan dan lakukan swafoto dengan klik ‘Ambil Foto’.
  8. Setelah itu, klik ‘Simpan Foto’ jika selesai melakukan swafoto. Pastikan mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah di simpan tidak dapat di perbaiki atau di ubah.  Masukkan kode CAPTCHA yang sesuai, kemudian klik ‘Lanjutkan’. Pendaftar akan di arahkan ke laman pengecekan ulang data. Sebelum menyelesaikan pendaftaran, pastikan data yang di masukkan sudah benar. Jika ingin melakukan perbaikan data, klik tombol “Kembali” untuk memperbaiki data. Jika ingin mengakhiri pendaftaran akun, klik “Proses Pendaftaran Akun”.
  9. Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan di tanyakan kembali, apakah data yang di-input sudah sesuai.  Pilih ‘lya’ jika data sudah di isi dengan benar atau ‘Tidak’ untuk memeriksa kembali.
  10. Pendaftaran akun SSCASN sudah selesai.
  11. Peserta dapat mengunduh informasi pendaftaran atau melanjutkan login ke akun SSCASN dengan klik ‘Lanjutkan Login Pendaftaran’.

Itulah urutan mendaftar CPNS 2023 yang benar.

Akhir Kata

Demikian sedikit informasi yang dapat mimin berikan mengenai Kenapa SSCASN Tidak Bisa Lanjutkan. semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, sekian dari kami dan nantikan selalu ulasan ulasan menarik lainya hanya di sini.

Sumber : Kumparan.com

Tinggalkan komentar